belajar dari china

adnan mubarak, Jakarta 29 rabiul akhir 1430 h

china bisa di klasifikasikan sebagai salah satu peradaban besar dunia. dari segi umur, china merupakan peradaban tertua, karena cina tercatat pertama kali didiami manusia purba sejak 1,7 juta tahun lalu. berbeda dengan peradaban lain, sejarah peradaban china tidak pernah terputus hampir selama 5000 tahun. pergantian dinasti ataupun bencana besar lainnya tidak mampu menjadikan peradaban china hilang. meskipun memakan korban yang tidak sedikit.

sejarah mereka yang penuh dengan pergantian kekuasaan justru membuat peradaban china sebagai peradaban yang banyak memiliki kisah besar, dari penyatuan ke tujuh negara oleh dinasti qin, perubahan jumlah kerajaan menjadi tiga (wu,wei,shu), hingga terbentuknya republik diatas kegagalan sistem dinasti di akhir dinasti qing. hal ini dikarenakan peradaban china berbeda dengan kebudayaan yunani yang bersifat utopis, namun cenderung lebih realistis, maka kemudian peradaban china tumbuh dalam tradisi yang produktif. penuh dengan karya besar.

Tembok besar china

masih teringat oleh penulis sebuah bangunan kokoh yang sering menjadi lambang kebesaran china yang tetap dipertahankan keberadaannya oleh pemerintah sosialis china. yakni great wall of china atau tembok besar china. bangunan yang punya sejarah besar didalamnya. perlambang kapasitas china sebagai peradaban yang punya tradisi produktifitas.

tujuan dibangunnya tembok ini adalah sebagai sebuah alat pertahanan negara mencegah serangan dari mongol dan dibangun selama ratusan tahun. pembangunannya sempat terhenti beberapa kali. uniknya proses pembangunannya dikelola oleh beberapa dinasti yang berbeda, yakni dinasti qin, dinasti sui, dan dinasti ming.

tidak banyak diketauhi orang, cina pernah mengalami nasib sebagai bangsa terjajah ketika kubilai khan dari mongol mendirikan dinasti yuan setelah berhasil menjatuhkan dinasti jin di akhir abad ke 13. dinasti yuan merupakan dinasti pertama yang memerintah seluruh wilayah china dengan tersentral di beijing namun akhirnya terjadi pemberontakan oleh zhu yuanzhan dari suku han (suku mayoritas di china) dan kemudian berhasil mengakhiri dinasti yuan dengan mendirikan dinasti ming.

china modern

kini china telah bertransformasi menjadi negara sosialis yang kuat. walaupun pernah terpuruk, china dengan konsensus beijingnya mampu menjadi kekuatan ekonomi dan teknologi kuat skala dunia menggeser uni soviet sebagai pesaing amerika. luar biasanya, china muncul di tengah kehancuran sistem ekonomi barat yang ditandai dengan krisis global. maka lengkap lah kisah mengenai peradaban besar china.

indonesia sebagai negara yang berkembang, seharusnya mampu belajar dari china dalam beberapa hal besar yang telah china buat secara nyata. sadar atau tidak, indonesia punya banyak kesamaan sejarah dengan china.

indonesia mampu tumbuh berkembang dan masuk kedalam daftar peradaban-peradaban besar dunia. hanya jika, sekali lagi hanya jika indonesia mau untuk membuka mata dan menyadari bahwa peradaban besar tidak hanya ada di belahan dunia bagian barat.

mau membuka wawasan ilmu ke berbagai kemungkinan. karena indonesia punya unsur-unsur yang mampu menjadikannya peradaban besar, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. melihat indonesia kini begitu bergantung pada peradaban barat. indonesia mestinya bisa mengembangkan caranya tersendiri, “cara indonesia”. seperti bagaimana china menemukan caranya sendiri.

tidak terburu-buru

memang, tidak ada istilah terlambat untuk memulai sebuah kebaikan. termasuk bercita-cita menjadikan bangsa ini bangsa yang besar. namun tidak ada kewajiban bagi kita untuk terburu-buru dalam mewujudkannya.

karena peradaban yang besar serta karya-karya besar merupakan hasil akumulatif dari beberapa generasi yang punya cita-cita sama. hal ini dapat kita lihat dari proses pembangunan tembok besar china yang melibatkan beberapa generasi didalamnya. untuk mewujudkannya, kita butuh usaha atau bahkan pengorbanan besar didalamnya, seperti begitu banyaknya rakyat china yang gugur dalam proses perubahan di china menuju kondisinya kini.

maka tugas besar menunggu kita di depan, untuk mengembangkan kapasitas peradaban indonesia menjadi peradaban besar yang madani dan mandiri serta memiliki kepribadian yang teguh dan independen.

bangkitlah negeri ku, harapan itu masih ada!

wallahu alam bisshawab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s