analisis sederhana mengenai peran pelajar

adnan mubarak, jakarta 23 muharram 1430 h

menanggapi komentar mengenai pertanyaan sederhana dari salah seorang pembaca sebagai berikut:

Nan, blh request g nih?
Gue pengen tahu hal2 apa aja sih yang bisa kita lakukan sebagai pelajar muslim indonesia.
Syukron…

melihat pertanyaan itu pun saya mulai mencoba menggali beberapa cara yang dapat dipergunakan oleh pelajar muslim indonesia dalam menghadapi konflik palestina-israel.

Syarat-Syarat Awal

Sebelum memulai perjuangan, agar kesemuanya tidak sia-sia diperlukan perencanaan dan persiapan yang matang.

Pertama, mengetahui segala aspek permasalahan mengenai pendudukan palestina dan mengambil sudut pandang yang realistis juga rasional merupakan salah satu syarat awal dan tantangan terberat dalam menjalani dakwah dari lingkup pelajar.

Kedua, selain mengasah kemampuan berfikir, membentuk kepribadian yang mandiri, pemberani dan bermilitansi tinggi melalui metode yang islami agar mampu menunjang keseimbangan penggunaan hati dan akal adalah syarat lain dalam memulai perjuangan.

Ketiga, yang terberat kemudian, ialah mencontoh dan mewarisi kemampuan diplomasi internasional dari para pahlawan bangsa Indonesia yang mampu membuat sejarah mengenai Indonesia di luar negeri begitu luar biasa.

Mengukur Lingkup dan Kemungkinan

Mengetahui batas lingkup dan perihal kemungkinan hasil dari perjuangan adalah hal yang agak sulit untuk diprediksi. apalagi dalam pemegangan peran penggerak adalah dari golongan pelajar muslim indonesia. Tapi memperkirakan hal yang bisa terjadi, merupakan salah satu hal yang bisa menjadi ukuran agar perjuangan melalui jalur ini lebih terarah.

Menghadirkan keunggulan dari golongan ‘pelajar muslim indonesia’ bukanlah hal yang sulit. Jumlah yang luar biasa banyak dan membanjir nya organisasi wadah pergerakan yang mewarnai kehidupan muslim pelajar di berbagai daerah pun telah membuktikan kualitas yang lumayan mapan.

Mengganti lingkup perjuangan pelajar muslim indonesia menjadi tingkat internasional pun bukan sebuah khayalan, kemampuan komunikasi dan begitu luasnya sarana yang dapat digunakan menjadikannya tidak sesulit yang dibayangkan dahulu.

namun nilai penjagaan istiqomah, penguatan azzam dan kesigapan dalam persaudaraan lah yang harus tetap berdiri kokoh dalam setiap hati pejuangnya. agar kehadirannya tidak musiman dan tidak lemah di mata dunia. mampu memberikan pengaruh didunia khususnya bagi kaum muslim.

Cara-cara Konkret

Secara sederhana, saya menyarankan beberapa cara konkret dalam membantu palestina. Berdoa dan terus meningkatkan keimanan adalah kewajiban yang diperlukan sebelum memulai untuk memantapkan hati dalam menghadapi segala kemungkinan terburuk.

Pertama, Menyebarkan dan juga memberikan pemahaman yang manusiawi dan rasional mengenai pendudukan palestina pada lingkungan sekitar.

Kedua, Memulai membangun atau membentuk jaringan sosial ataupun ilmiah yang bertujuan untuk mengkaji dan menggali informasi tentang palestina. serta secara sepakat menentang penjajahan atas tanah palestina.

Ketiga, Terus menyisihkan uang saku anda tanpa henti, baik ketika lapang ataupun sempit, sebagai bentuk kepedulian kita yang tidak main-main.

Keempat, Mempergunakan kemampuan seorang akademisi dalam membantu palestina. seperti: menulis artikel, berorasi, mengajak diskusi, mendengar pendapat, menganalisis masalah, dll.

Kelima, Mengikuti aksi-aksi solidaritas terhadap bangsa palestina untuk menyadarkan bahwa kita tidaklah sedikit.

Keenam, Memberikan pembelaan (hujjah) atas cemoohan dan perilaku para penentang solidaritas palestina.

Ketujuh, Tetap berusaha penuh memboikot segala produk yang memberikan support ke israel.

semua itu insya Allah bila dijalankan secara konsisten dan penuh kesungguhan maka pencarian akan hasil maksimal pun bukan hal yang sulit dicapai.
wallahu alam bishawab

About these ads

3 pemikiran pada “analisis sederhana mengenai peran pelajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s